Essay LEGION

 LEGION


Legion merupakan tahap kaderisasi dasar untuk Mahasiswa dan Mahasiswi Tingkat 2 Program Studi Teknik Industri dan Teknik Logistik yang dilaksanakan oleh kepanitiaan di bawah Departemen Kaderisasi HMTI. Sebagai Mahasiswi Tingkat 2 Program Studi Teknik Industri, saat ini saya sedang menjalani rangkaian dari Legion 2021. Pentingnya Legion untuk para pesertanya yang utama adalah karena disini akan diajarkan mengenai kepemimpinan, keorganisasian, serta keilmuan dari program studi yang dapat diterapkan untuk kehidupan sehari-hari.

Di Legion, para peserta dapat lebih mengenal budaya jurusan dan apa saja yang kita dapat pelajari di jurusan. Bukan hanya mengenai pelajaran, melainkan dapat menjadi wadah untuk mengembangkan soft skills. Menurut saya, soft skills yang bisa peserta dapat dari Legion akan sangat berpengaruh kepada kinerja peserta apabila nantinya bergabung dengan organisasi-organisasi di bawah naungan HMTI ataupun sebagai staff dari HMTI itu sendiri. Selain itu, peserta juga dibentuk karakternya. Hal tersebut bisa melatih kedisiplinan, kejujuran, keaktifan, yang salah satunya bisa didapat melalui sharing session. Pentingnya itu semua bagi peserta yaitu untuk membuat peserta lebih berani berpendapat dan berbicara di depan orang banyak, aktif dalam organisasi atau di dunia perkuliahan, time management, cara berpikir yang lebih kritis, serta sesederhana mengajarkan sikap yang baik di kampus. Nantinya, itu semua juga akan berpengaruh pada pandangan, sikap, kinerja peserta terhadap banyak hal ke arah yang lebih baik.

Output yang saya harapkan sebagai peserta Legion terutama ilmu-ilmu dan soft skills yang tidak bisa kita dapatkan di kelas. Saya yakin saya bisa dapatkan itu semua apabila menjalani rangkaian Legion dengan baik, hal-hal tersebut nantinya bisa sangat bermanfaat bagi saya dalam menjalani kehidupan perkuliahan ataupun nanti saat di dunia kerja. Selain itu, saya berharap saya dapat mengenal teman-teman jurusan yang sebelumnya tidak saya kenal. Tidak hanya sekedar mengenal, saya ingin menjaga relasi yang baik dengan mereka, salah satu caranya yaitu melalui diskusi-diskusi yang dilakukan di rangkaian Legion.


Comments

Popular posts from this blog

Biodata Diri